Keadaan Perpustakaan Universitas yang Kurang Nyaman

by - Oktober 05, 2016

Jpeg

Dari situs wikipedia.org dijelaskan bahwa Perpustakaan sendiri memiliki arti yaitu sebuah koleksi buku dan majalah.

Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.

Oleh karena itu perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut ataupun tidak. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer).

Tidak sedikit dari mahasiswa di Universitas tertentu memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat untuk mengisi waktu luang, mencari tugas dan masih banyak lagi.

Perpustakaan dari beberapa universitas di Indonesia pun masih sangat minim fasilitasnya. Dari ketersediaan buku yang dibutuhkan setiap program studi, entah itu perpustakaan umum kampus, fakultas maupun yang terdapat di program studi itu sendiri. Yang menyebabkan mahasiswa harus mencari sumber-sumber ke perpustakaan kampus lain yang memiliki banyak koleksi buku. Padahal dengan cara seperti itu mahasiswa jadi lebih memiliki waktu yang sedikit, ongkos yang banyak bahkan bisa jadi minat baca mahasiswa yang jadi menurun. Karena mereka beranggapan waktu mereka terpotong banyak karena keadaan seperti itu. Mahasiswa jadi sangat senang bahkan sudah mejadi hobi untuk mencari sumber-sumber dari internet yang masih perlu dipertanyakan kebenarannya.

Karena fasilitas yang minim inilah minat baca mahasiswa sangat berkurang dan mereka mulai berpindah kepada era digital yang mencari kepraktisan. Sangat minim juga kesadaran mahasiswa untuk terus membaca.

You May Also Like

0 Comments