Tips ke Luar Negeri dengan Hemat Budget

by - Juni 22, 2018

Assalamualaikum, selamat pagi.

Sebelumnya aku udah pernah posting pengalamanku pertama kali pergi ke luar negeri. Banyak orang yang males untuk berurusan hal-hal ribet untuk pergi ke luar negeri, alhasil mereka banyak mengeluarkan uang karena sifat malas tersebut.

Disini aku mau share sedikit bagaimana kita bisa pergi ke luar negeri dengan murah atau yang biasa kita sebut dengan backpackeran.


IMG_3138
Dokumentasi Pribadi


Sebelum kita pergi ke negara tujuan kita, sangatlah penting untuk kita membuat paspor terlebih dahulu (untuk negara yang bebas visa cukup ini), silakan buka www.imigrasi.go.id untuk membuat paspor atau bisa datang langsung ke kantor imigrasi daerah masing-masing (Tips: cari info yang banyak sebelum datang ke kantor imigrasi biar ga kerja dua kali).

Ada dua tipe paspor yaitu 24 halaman dan 48 halaman, kita bisa bebas memilih sesuai keinginan.

Untuk negara yang ga bebas visa kita bisa urus visa dulu ya guys, entah itu untuk keperluan study, bekerja atau yang lainnya (tips: untuk pemula sebaiknya ke negara bebas visa terlebih dahulu ya guys).

FYI: kita sebaiknya membuat paspor terlebih dahulu meskipun kita tidak sedang merencanakan akan bepergian ke suatu negara dalam waktu dekat karena pengalaman aku, buat paspor saat ini lumayan susah dan jangka waktu yang lama, jadi ada baiknya kita buat paspor dari sekarang karena masa aktif paspor yang lama yakni 5 tahun.

Setelah urusan paspor rampung tentukan tujuan negara untuk membeli tiket pesawat atau buat kamu yang suka traveling tanpa penjadwalan (mengikuti tiket pesawat murah) bisa langsung daftar di website www.airasia.com dan download aplikasi AirAsia Big karena disana sering mengadakan promo-promo ke beberapa tempat. Cara lain yaitu buka website traveloka, tiket.com, airy dan lain-lain untuk membandingkan harga dan terkadang salah satunya mengadakan promo dengan jangka waktu tertentu (Tips: sering-sering cek website dan buka halaman promo)

Apabila tiket sudah ditangan, carilah informasi mengenai negara tersebut (mata uang, kurs, tempat wisata, transportasi dll). Hal ini juga dapat dilakukan sebelum kamu membeli tiket pesawat, karena ini juga dapat dijadikan travel list kamu.

Dalam mencari informasi tuliskanlah hal-hal yang menurut kamu penting di buku bucket list kamu secara mendetail karena ini akan sangat berguna (seperti ongkos transportasi dari dan menuju bandara, budget tiap kali makan, beli oleh-oleh berapa dan apa).

Tentukan tempat bermalam. Menentukan tempat bermalam adalah yang paling penting karena ini juga akan menentukan anggaran biaya makan, wisata, jauh dekat dengan tempat-tempat yang di tuju. Untuk kita yang hobi backpacker, bermalamlah di hostel atau rumah warga (homestay), selain hemat kita pun dapat teman baru dari beda negara. Kita pun dapat menggunakan aplikasi Couchsurfing untuk bermalam gratis di rumah teman kita yang ada di negara tujuan (silakan download aplikasinya untuk mencaei teman baru) :) dijamin gratis.

Selain itu siapkanlah keperluan seadanya menggunakan backpack maupun koper kecil 20" karena itu tidak memakan tempat, apalagi untuk kita yang membeli tiket pesawat tanpa bagasi, packing baju-baju sesuai hari (mis: 3D2N, 2 celana termasuk yang dipakai dan berwarna netral dan 3 baju beserta underwear dengan 1 baju tidur) lalu gulung atau kamu bisa liat tutorial di youtube bagaimana cara packing hemat tempat (Tips: Kita juga bisa bawa deterjen bubuk buat nyuci disana kalo mau bawa baju yang lumayan banyak biar pulang-pulang ga bawa baju kotor dan bisa ganti-ganti baju). Mukena parasut. Bahan-bahan cair masukan di botol-botol kecil jangan lupa ya. Dan membawa tas kecil, laptop untuk keperluan blogging misalnya (atau kamu bisa membawa buku untuk list konten blog) ini pilihan aja ya hehe.

Setelah semua selesai, datanglah ke Bandara jauh-jauh jam keberangkatan ya, soalnya kendala menuju bandara selalu macet. Lebih baik datang sebelum waktunya dari pada ketinggalan pesawat.

Ketika kita sudah di negara tujuan pakailah transportasi umum aja ya, jangan yang aneh-aneh, misal dengan transportasi yang belum ada patokan harga, kita bisa sepakat dulu dengan petugas (Tips: buat kesepakatan tertulis; ttd, nama, harga dan berfoto bersama) menurutku ini sangat membantu karena ada beberapa negara yang sering terjadi penipuan.



DSC_0001
Dokumentasi Pribadi


Tips ke luar negeri hemat budget ini semoga dapat membantu ya guys, jangan lupa abadikan moment kita, tapi jangan lupa dunia nyata kita juga ya, jangan terlalu berfokus sama dunia maya karna akan mengganggu kegiatan traveling kita

I'm not the same, having seen the moon shine on the other side of the world - Mary Anne Radmacher

DSC_0230

You May Also Like

1 Comments