Satu Hari Bersama YOUVIT Dan Makanan Khas Betawi

by - Desember 22, 2018

@YOUVITFORLIFE

Halo guys...
Sudah pada tahu pasti, kalau makanan khas Indonesia yang sangat beragam bikin banyak orang yang mencicipi ingin lagi dan lagi, ga terkecuali aku. Hari Rabu, 19 Desember 2018 kemarin aku punya kesempatan menjelajahi beberapa tempat kuliner khas Indonesia dan pastinya sehat juga loh. Memang sih ya makanan Nusantara ini kebanyakan adalah makanan yang sehat karena mengandung bahan-bahan hasil bumi, seperti gado-gado, asinan betawi, lalapan dan masih banyak lagi. Wajar saja makanan nusantara ini adalah makanan sehat, karena sayur-sayuran dan buah-buahan yang mendominasi makanan-makanan tersebut.

Aku bareng teman-teman blogger lainnya dan beberapa teman-teman media diundang oleh YOUVIT di acara Media & Community Fooventure. Banyak hal-hal baru yang aku dapetin di acara tersebut. Mulai dari peduli akan kesehatan yang sebenernya dimulai dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, seperti yang sudah dijelasin oleh Nutrision Expert YOUVIT, kak Rachel Olsen.  Dalam presentasinya kak Rachel banyak ngasih ilmu-ilmu tentang (caranya jadi kurus) :D maksudnya mengkonsumsi makanan yang sehat dan salah satu cara diet sehat gituloh, hehe. Presentasinya dibuka dengan trend delivery makanan yang membuat kita dengan mudahnya mendapatkan makanan yang bahkan dari semuanya banyak makanan yang tidak sehat, karena memang sangat mudah untuk didapatkan. Apalagi dengan diskon yang bikin harga makanan tambah murah.

Nutrition Expert YOUVIT: Kak Rachel Olsen


Kak Rachel juga ngasih informasi tentang makanan yang mengandung kalori berbeda-beda. Ada pisang dengan 69 kcal, brokoli 34 kcal, daging sapi 250 kcal, mentega 717 kcal, nasi 130 kcal, ayam 110 kcal dan masih banyak lagi. Makanan ini termasuk jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Katanya juga kebutuhan kalori setiap orang itu berbeda-beda. FYI, mentega lah yang mendominasi kalori paling banyak dan sudah bisa dibayangin kan berapa kalori makanan yang menggunakan mentega atau minyak? Misalnya ayam goreng  600 kcal, nasi goreng 500 kcal dan lain-lain. Bayangkan juga bagaimana tubuh kita ketika mengonsumsi makanan-makanan tersebut setiap hari?
Tapi jangan khawatir, ternyata masih ada makanan yang enak dan juga sehat loh. Yang tadi sudah aku kasih tau, makanan-makanan itu adalah makanan khas Indonesia, khususnya makanan khas Betawi nih. Gado-gado, asinan Betawi dan  kembang tahu diantaranya. Dengan manfaat yang berbeda-beda, ternyata aku dikasih kesempatan bersama beberapa blogger dan media untuk mencicipi langsung makanan-makanan tersebut loh.


Ngomong-ngomong makanan sehat nih. Langsung saja aku ceritain (tanpa ngasih makanannya ya 😊 hehe) beberapa tempat makanan khas Betawi seperti Asinan Ibu Yenni, Gado-gado Boplo dan Kembang Tahu SCBD, semuanya ada di Jakarta Selatan dan ga jauh antara satu tempat dengan lainnya.

Asinan Betawi Ibu Yenni

Asinan Betawi Bu Yenni

Kali ini aku mau ceritain tentang Asinan Betawi Ibu Yenni yang letaknya ga jauh dari SCBD, tempat ini ramai dikunjungi saat jam makan siang. Kebetulan waktu aku kesana, makanannya sudah siap nih. Dengan rasa asin, pedas, manis dan asem yang masuk ke mulut bikin mata merem melek ngerasain nano-nano Asinan Betawi yang seger ini. Yang paling aku suka adalah karena sayurnya yang seger banget. For your information, Asinan Betawi ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kadar asam dalam lambung loh. Bahan-bahanya juga seperti tauge, daun selada, kol, wortel dan kacang tanah mengandung Vitamin K, B3, C, A dan vitamin E yang baik untuk tubuh.

Gado-gado Boplo

Lagi di Gado-gado Boplo
Setelah rasa lapar dibuka oleh Asinan Betawi Ibu Yenni, aku dan yang lainnya langsung menuju Gado-gado Boplo untuk makanan besar. Sudah terbayang dong gimana gado-gado yang bisa bikin kenyang. Ga hanya mengenyangkan, gado-gado yang dilengkapi beberapa sayuran seperti kacang panjang, jagung, tempe, tofu, kangkung dan saos kacang ini kaya akan vitamin K, vitamin B Kompleks, kalsium, zinc, zat besi dan Vitamin E, yang membuat gado-gado ini ternyata makanan yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan loh.

Kembang Tahu SCBD

Kembang Tahu


“Ikan Hiu Ikan Cucut. Yuk Lanjut”
Lanjut lagi kita berpindah tempat untuk menutup foodventure bersama YOUVIT dengan mencoba makanan khas Betawi Kembang Tahu. Abis makan yang nano-nano rasanya, makan yang bikin kenyang (gado-gado) langsung disuguhkan makanan yang khas rasa jahenya. Kembang tahu yang hanya ada 2 bahan makanan di dalamnya dan dua-duanya pun kaya akan manfaat seperti kembang tahu yang mengandung zat makanan dan jahe yang mengandung antioksidan serta antipasmodic ini sangat bermanfaat untuk merelaksasi otot dan organ tubuh serta mengeluarkan asam laktat dalam tubuh. “Beli tempe, beli tahu. Belinya bareng anak. Makanan Betawi si Kembang Tahu. Rasanya Memang Enak”

Makanan yang sehat juga ternyata harus diimbangi dengan vitamin pendukung untuk tubuh, sebuah multivitamin berbentuk gummy #1gummysetiaphari yang cocok untuk menemani hari-hari kita. Gummy ini lah yang menjadi pelengkap setelah kita mengonsumsi makanan yang sehat. Selain rasanya yang enak dan kenyal ternyata YOUVIT mengandung 10 vitamin serta 2 mineral yang penting bagi tubuh. Dosisnya mengikuti secara ketat mengikuti standar Angka Kecukupan Gizi (AKG) orang dewasa di Indonesia. Ada vitamin A, B Kompleks (B3, B5, B6, B7, B9 dan B12), Vitamin C, D, E serta Selenium dan Lodium yang masing-masing memiliki manfaat. Untuk mendapatkan Multivitamin dari YOUVIT, kita bisa membelinya di drug store maupun supermarket. Harganya pun terjangkau tiap 1 sachet berisi 7 gummy sesuai takaran dalam seminggu. Oh iya, sekarang juga sudah tersedia produk baru multivitamin untuk anak-anak. Wah menarik!

Apasih YOUVIT itu?


Ada challenge untuk aku dan teman-teman yaitu upload foto tiga makanan tradisional tersebut ke akun Instagram masing-masing dan diumumkan 3 pemenang yang masing-masing juara 2 dan 3 akan mendapatkan paket YOUVIT selama empat bulan dan voucher masing-masing lima ratus ribu rupiah serta juara satu mendapatkan 4 bulan produk YOUVIT dan voucher belanja senilai satu juta rupiah.

Oh iya, aku mau berbagi tips hidup sehat ala kak Rachel nih
  •  Makan setidaknya lima buah per hari
  • Jaga porsi piring lebih kecil
  • Kunyah makanan lebih lama
  • Tidur minimal tujuh jam tiap hari
  • Perubahan kecil sangat penting pelan-pelan
  • Olahraga


Semoga bermanfaat

Media & Community Foodventure 

You May Also Like

2 Comments

  1. Wisata kuliner Indonesia emang bikin nagih bgt, cuma kalau berlebihan efek nya kurang Bagus buat kesehatan.

    Btw, dari beberapa tips hidup sehat diatas yg paling jarang bgt saya lakuin adalah makan buah huhuhu

    Entahlah bingung kenapa suka males makan buah.

    Tulisan mu menarik, nyaman dan enak dibaca euy, keren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, emang sesuatu yang berlebihan itu ga baik...

      Alasan kenapa kita jarang makan buah, karena harganya lumayan. Am I Right?

      Terima kasih banyak mas, bimbingannya ya buat saya yg pemula ini hehe

      Hapus